OUR SERVICE
BNL bergerak dalam jasa konsultan Hak Kekayaan Intelektual Terdaftar di Diten Hak Kekayaan Intelektual, Departemen Hukum dan HAM RI no. 042-2006. HKI yang dimaksud diantaranya adalah : Paten, Merek, Hak Cipta, dan Desain Industri.
Informasi di bawah ini adalah penjelasan tentang 4 elemen HKI. Kami melengkapinya dengan ilustrasi agar lebih mudah dipahami.


PATENT (PATEN)

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.
Perlindungan Paten di Indonesia dibedakan 2 jenis yaitu: paten sederhana dan paten biasa. Kedua perbedaan ini mengacu kepada kompleksitas dari suatu invensi. Perlindungan Paten Biasa 20 tahun, sedangkan untuk paten sederhana selama 10 tahun.Sebagai anggota dari WTO/ WIPO, Paris Convention, dan Patent Cooperation Treaty, paten yang berasal dari INDONESIA juga dapat didaftarkan secara Internasional menggunakan sistem PCT.
Untuk melihat paten-paten yang telah terdaftar di Indonesia dapat melihat di fasilitas search via IPDL.

Ilustrasi
Dari telepon rumah, teknologi ditingkatkan menjadi telepon seluler yang personal dan dapat dibawa kemana-mana, kemudian berinovasi lagi menjadi telepon pintar (smartphone). Peningkatan teknologi tersebut kita sebut invensi yang dapat dilindungi HKI dalam perlindungan Paten.



TRADEMARK (MERK)

Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.
BNL PATENT memahami nilai dari merek yang berfungsi sebagai daya pembeda barang/ jasa perusahaan dengan pesaing. Kami mengerti pentingnya perlindungan identitas dan reputasi klien dalam membangun merek mereka. Tim BNL PATENT akan membantu klien memonitor terus merek-merek pesaing yang mirip dengan merek klien untuk menghindari persaingan yang tidak sehat. Pendaftaran merek di Indonesia hampir sama dengan negara lain yaitu menganut sistem “first to file”. Kasus merek terkenal Prada dan Intel adalah kelemahan dari sistem ini.

Sebagai langkah awal silahkan cek merek di fasilitas search via IPDL.

Rute Pendaftaran Merk
1. Permohonan Merk
2. Pemeriksaan Formalitas
3. Pemeriksaan Substantif
4. Publikasi
5. Sertifikat

Ilustrasi
Agar konsumen dapat membedakan produk smartphone, maka diberilah nama “Blackberry” yang ditempelkan pada fisik produk. “Blackberry” kita sebut sebagai merk dagang, sedangkan nama yang dipasang pada tempat penjuala smartphone tersebut, mis : “Rajawali Cellular” disebut merk jasa. Tipe merk, mis : Blackberry Bold 9000 seharusnya juga didaftarkan di merk dagang. Merk Blackberry menurut konsultan branding internasional IN TERBRAND telah masuk dalam jajaran 100 merk global terkenal (sumber : BisnisWeek Indonesia edisi 31, 11 November 2009)



COPYRIGHT (HAK CIPTA)

Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Perlindungan Hak Cipta di Indonesia menganut sistem “deklaratif”, dimana perlindungan secara otomatis langsung diberikan tanpa melakukan proses pendaftaran. Namun kendalanya adalah harus dapat dibuktikan bahwa seseorang itu sebagai pencipta. Penggunaan gambar/lukisan atau logo dalam merek dapat menjadi pr baru bagi penegak hukum dalam penegakan hukum hak kekayaan intelektual.
Kami tetap berpendapat bahwa suatu ciptaan sebaiknya didaftarkan. Hak Cipta dibagi 2 (dua) yaitu: Hak Cipta Program Komputer dan Non program komputer. Kami membantu klien dalam mempersiapkan guna memenuhi persyaratan pendaftaran ciptaan.

Ilustrasi
7 titik yang berada di awal sebelum nama Blackberry disebut Logo dan dapat dilindungi dalam hak cipta logo/seni lukis, sedangkan software pada smartphone Blacberry seperti program Blackberry Messanger dilindungi dalam Hak Cipta Software. Kunci perlindungan Hak Cipta adalah karya tersebut harus orisinil.



INDUSTRIAL DESIGN (DESAIN INDUSTRI)

Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan.
Desain industri diberikan untuk semua desain yang baru, atraktif dan bisa dibuat secara massal. Desain industri di Indonesia termasuk relatif baru, jangka waktu Perlindungan Desain Industri 10 tahun dan tidak dapat diperpanjang.

Ilustrasi
Bentuk desain produk smartphone Blackberry, dapat dilindungi dalam perlindungan desain industri yang berlaku selama 10 tahun dan tidak dapat diperpanjang. Syarat pendaftaran desain tersebut harus baru (novelty). Option perlindungan dapat berupa bantuk, konfigurasi, komposisi garis, maupun komposisi warna ataupun kombinasinya.
 
Customer Service 1
--   : WIB

PT. BNL PATENT | Jl. Ngagel Jaya No.19 Surabaya 60283

Tel. (031) 505 3334, 505 3314 | SMS. 0818 0505 1000 | Fax. (031) 501 4032 | PIN BB. 24CC0622

Email. info@bnlpatent.com

www.bnlpatent.com 2012 (c) Copyright BNL Patent.